Red Velvet, Si Merah Nan Lezat!

Red Velvet

Piattos Mania, tahukah kalian asal usul munculnya kue red velvet cake? Nama red velvet bermula dari pewarnaan alami yang sering digunakan untuk mewarnai makanan, karena warna merahnya sering disebut dengan "Devil's Food" dan mirip dengan kue coklat. Maka kueyang identik berwarna merah itu dinamakan red velvet cake. 

Red velvet cake sudah di temukan sejak masa Perang Dunia II, namun saat itu para tukang roti menggunakan pewarna merah alami dari buah bit yang diparut dan direbus untuk meningkatkan warna merah.  

Masa-masa  Perang Dunia II, tahun 1929-1940 Amerika mengalami krisis perekonomian. Saat itulah red velvet cake diangkat dan diproduksi secara masal pertama kalinya oleh sebuah perusahaan asal Texas bernama Adam Extract. Di Kanada, kue ini dikenal sebagai makanan penutup yang terdapat di toko roti, restoran, dan Eaton's department store pada tahun 1940-an serta di hak patenkan sebagai resep ekslusif Eaton's.

Setelah itu, red velvet cake semakin dikenal dan mendunia berkat sebuah film tahun 1989 yang berjudul Steel Magnolias, dalam film tersebut pengantin prianya membawa red velvet cake dalam bentuk armadillo (sejenis binatang tapir). 

Sedangkan di Indonesia sendiri, red velvet cake mulai dikenal sejak tahun 2011. Seketika itu juga red velvet banyak diburu walaupun harganya terbilang tinggi. Karena rasa yang sangat melting di mulut ditambah cepatnya berita tentang hits-nya kueini dari mulut ke mulut.

Begitulah kira-kira Piattos Mania sejarah Red Velvet Cake, meskipun sampai saat ini masih menjadi perdebatan kapan kue ini dibuat dan siapa ide pertamanya ;)

 

Kembali